/he 5 MAKANAN BERLEMAK INI WAJIB DIKONSUMSI !!!

5 MAKANAN BERLEMAK INI WAJIB DIKONSUMSI !!!

5 Makanan Berlemak yang Wajib Dikonsumsi !!!

Banyak diantara kita yang berusaha menghindari makanan berlemak karena takut gemuk dan berat badan naik. Selain itu, makanan berlemak juga diketahui bisa menyebabkan berbagai macam penyakit mulai dari kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan lainnya.


Namun tak semua jenis lemak sebenarnya buruk untuk kesehatan. Beberapa jenis lemak justru baik dan harus dikonsumsi. Lemak baik tak akan meningkatkan kolesterol, namun justru menurunkan kolesterol buruk (LDL) dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL). Lantas, makanan apa saja yang mengandung banyak lemak baik dan harus lebih sering dikonsumsi? Ini dia daftarnya seperti dilansir oleh Fit Sugar.

ALPUKAT
Ada yang takut mengonsumsi buah alpukat karena mengandung lemak yang cukup banyak, namun jangan khawatir inilah fakta baik tentang alpukat. Buah ini mengandung lemak tak jenuh tunggal, antioksidan, dan beta karoten. Lemak jenis ini tak hanya mencegah penyakit jantung tetapi juga meningkatkan fungsi ingatan. Jumlah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah 65 gram, dan satu cangkir alpukat mengandung 23 gram lemak baik.

MINYAK KELAPA
Kelapa mengandung lemak jenuh yang lebih jika dibandingkan dengan mentega. Banyak orang menghindari makanan berbahan dasar kelapa atau santan agar terhindar dari penyumbatan pembuluh darah arteri. Hal ini justru berdampak baik untuk kesehatan jantung. Karena lebih dari 50% kandungan lemak jenuh dalam kelapa adalah asam laurat. Penelitian di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa meskipun asam laurat meningkatkan LDL(kolesterol jahat) kolesterol, tapi HDL (kolesterol baik) juga turut meningkat. Hal ini justru mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

WALNUT
Walnut adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik dan memiliki zat anti-peradangan. Selain baik untuk menurunkan kolesterol buruk, walnut juga mengandung banyak protein, serat, vitamin E, magnesium, zat seng, potasium, riboflavin, dan selenium.

SALMON
Salmon mengandung asam lemak omega-3 dan protein yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi salmon satu atau dua kali seminggu bisa akan memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh Anda.

MINYAK ZAITUN
Minyak zaitun juga mengandung lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin A, E, klorofil, dan magnesium. Dengan lemak tak jenuh tunggal yang ada di dalamnya, minyak zaitun bisa menurunkan tingkat kolesterol buruk dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Itulah beberapa jenis makanan berlemak yang baik untuk dikonsumsi. Makanan tersebut jadi bukti bahwa lemak tak selamanya jahat dan malahan bisa meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Meskipun kelima makanan diatas cukup baik untuk kesehatan, namun ada baiknya jumlah yang dikonsumsi tetap dalam keadaan normal agar manfaatnya tetap bisa dirasakan.


sumber : www.merdeka.com


0 Response to "5 MAKANAN BERLEMAK INI WAJIB DIKONSUMSI !!!"

Posting Komentar

close