/he 6 POSISI yang Salah Dalam menggunakan GADGET !!! Nah loh, mana nih kebiasaan yang sering kamu lakukan saat menggunakan gadget?

6 POSISI yang Salah Dalam menggunakan GADGET !!! Nah loh, mana nih kebiasaan yang sering kamu lakukan saat menggunakan gadget?



Chat dengan teman sambil tiduran setelah capek kerja seharian adalah hal yang paling menyenangkan. Atau tak jarang nonton film atau main game sambil tiduran pun bisa menjadi pilihan di saat teman-teman yang diajak chatting masih sibuk dengan kegiatannya masing-masing. Apalagi kalo kita belum ngantuk.

Banyak dari kita punya tingkatan PW (posisi wuenak) yang berbeda-beda selama menggunakan gadget. Tanpa disadari, ternyata posisi atau cara kita menggunakan gadget yang dianggap nyaman ini salah dan berbahaya.

Beberapa Cara Yang Salah Dalam Menggunakan Gadget 
Setelah lelah duduk seharian di kantor, wajar jika kamu mencari posisi terbaik yang nyaman untuk mengoperasikan smartphone, tablet atau laptop kamu. Biasanya bisa sambil tiduran, duduk membungkuk, atau bahkan selonjoran di kursi dengan posisi gadget di bawah. Seperti yang dikutip dari Wiityfeed, ada beberapa cara menggunakan gadget yang ternyata salah.

1. Kepala Menunduk dengan Smartphone di Bawah


Karena terlalu lelah menatap layar komputer atau laptop selama di kantor dan kampus, kamu akhirnya mencoba mereduksi cahaya layar smartphone dengan menjauhkannya dari mata. Tujuannya bagus sih supaya mata tidak kering. Tapi jika menyimpan smartphone terlalu bawah dan membuat kamu menunduk terlalu lama, justru malah berbahaya untuk kesehatan leher kamu. Apalagi jika kamu menggunakan smartphone hingga satu jam lebih.

2. Memangku Laptop dengan Kaki Menyilang


Nonton di laptop dengan cara memangkunya di kaki memang membuat kamu terlihat santai dan nyaman. Tapi dengan posisi ini akan memaksa kamu untuk membungkuk dan menunduk. Jika terlalu lama, akibatnya leher kamu akan terkena gejala Tech Neck yakni kaku dan sakit di leher serta punggung. Selain itu akan membuat aliran darah di kaki terganggu, sehingga akan terasa lemas saat berdiri. Jadi, sebaiknya nonton di laptop dengan posisi tegap saat di meja kerja.

3. Senderan Main Tablet di Kasur

Sambil menunggu ngantuk, senderan menggunakan bantal di tembok atau tepian kasur memang bikin nyaman. Apalagi kalo sambil membalas chat atau ngecek akun media sosial kamu. Duh, surga! Tapi jangan dilakukan keseringan jika nggak mau sakit punggung dan leher.

Jika memang sengaja memainkan gadget untuk menunggu ngantuk, baiknya lakukan dengan posisi tidur menyamping seperti di gambar. Tapi ingat, jangan tutupi sebelah mata saat main handphone sambil tiduran jika tidak mau terkena gejala kebutaan sementara.


4. Tablet di Bawah, Badan di Atas Kursi atau Kasur


Memang Terlihat nyaman? Tapi sadar nggak sih kalo posisi pegang gadget yang salah seperti di gambar ini bisa menyebabkan sakit kepala berkepanjangan? Benar loh, soalnya posisi ini akan memaksa darah mengalir ke kepala lebih cepat. Dan pada saat yang bersamaan, otot leher pun dipaksa menopang berat bobot kepala. Jadi, kurang-kurangin ya buat yang sering mainin gadget dengan posisi begini.

5. Tengkurap dengan Mengangkat Kaki


Posisi tegkurap dengan mengangkat kaki ke atas seperti pada gambar di atas, dalam bahasa sunda disebut lalanggiran (menyerupai kalajengking). Selain dipercaya sebagai mitos pamali karena bisa menyebabkan orang tua meninggal, posisi ini tidak baik jika dilakukan sambil memainkan smartphone.

Kenapa posisi memainkan gadget ini berbahaya? Karena tekanan darah menuju jari-jari tangan akan terhambat oleh posisi siku yang tertahan lantai. Lama kelamaan jari kamu akan kehilangan tenaga untuk menggenggam smartphone atau tablet. Jika dilakukan dalam waktu yang lama, bisa memicu kram.

6. Olahraga Sambil Nonton


Untuk kamu yang suka olahraga di tempat fitnes atau yang di rumahnya ada treadmill, pernah melakukan hal ini? Jika iya, segera hentikan. Alih-alih menengadah demi nonton tayangan yang ditampilkan di monitor, mending pindahkan monitornya ke depan. Selain menghindari sakit leher, hal ini juga akan membantu kamu lebih fokus selama berolahraga dan menghindari cedera.

Nah loh, mana nih kebiasaan yang sering kamu lakukan saat menggunakan gadget? Jika salah satu dari 6 cara menggunakan gadget di atas sering kamu lakukan, segera ubah kebiasaan kamu ya. Demi kesehatan kamu di masa depan loh. Nggak mau kan terkena penyakit gara-gara mainin gadget? Nggak keren!

sumber:http//jalantikus.com

0 Response to "6 POSISI yang Salah Dalam menggunakan GADGET !!! Nah loh, mana nih kebiasaan yang sering kamu lakukan saat menggunakan gadget?"

Posting Komentar

close