/he STOP MINUM AIR PUTIH !!! SETELAH MAKAN PEDAS !!!

STOP MINUM AIR PUTIH !!! SETELAH MAKAN PEDAS !!!

Kebanyakan dari kita pasti menyukai makanan pedas. Tidak nikmat rasanya jika makanan tidak ada rasa pedasnya. Bahkan salah satu makanan khas Indonesia yg terkenal adalah sambal yg terkenal rasa pedasnya. 


Jika sudah makan pedas, untuk menetralkan rasa pedas di dalam mulut pasti kita akan meminum air putih. Tapi ternyata sangat tidak dianjurkan minum air putih setelah makan pedas. Selama ini kita melakukan kebiasaan yg salah, dengan cara minum air putih dingin untuk menghilangkan rasa pedas. 

Wajar jika kita lebih memilih minum air putih yg netral dan segar sebagai pilihan pertama penghilang rasa pedas, penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan ini ternyata salah. Ketika kamu minum air setelah makan pedas, rasa pedas tersebut justru akan menyebar ke seluruh bagian mulut, bukan hanya di lidah. 

Capsaicin yg ada di dalam cabai atau makanan pedas akan mengenai reseptor yang merasakan nyeri di lidah yg disebut reseptor TRPV1. Respon reseptor ini akan mengirimkan impuls ke otak dan akan memberi sensasi terbakar dari makanan pedas. Jadi, ini adalah mekanisme dasar yg terjadi ketika kita makan makanan pedas.

Dan karena capsaicin merupakan molekul non-polar, rasa terbakar ini hanya akan larut dalam zat non-polar lainnya. Tapi karena air adalah zat polar, hal ini tidak dapat menghilangkan rasa pedas di mulut. Sebaliknya, justru menyebarkan rasa pedas dan terbakar di seluruh bagian mulut. Bukan hanya itu, sensasi terbakar ini juga membuatmu semakin merasa haus.

Lalu minuman apa yg baik diminum untuk menghilangkan rasa pedas?.. Minuman yang baik kita minum ketika makan pedas adalah Susu. karena susu cair merupakan minuman non-polar dan mengandung casein bisa menetralkan capsaicin dan menghilangkan sensasi terbakar di mulut. Susu juga berfungsi mencegah masalah lambung (rasa panas di perut) karena kebanyakan makan pedas.

Jadi, sepertinya mulai sekarang kamu harus mengganti minuman wajibmu saat makan pedas dengan susu. Karena susu lebih cepat menghilangkan rasa panas dan terbakar di mulut setelah makan makanan pedas.


sumber : www.vemale.com


0 Response to "STOP MINUM AIR PUTIH !!! SETELAH MAKAN PEDAS !!!"

Posting Komentar

close